Social Icons

.

Pages

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 24 Oktober 2012

Makanan Khas Maluku Utara


Popeda Ulang-Ulang Karedok Kohu-Kohu- Maluku

Agak sulit untuk menemukan makanan yang benar-benar khas Ternate. Karena letak geografisnya yang lebih dekat ke Sulawesi Utara, sudah barang tentu makanan Ternate banyak dipengaruhi – dan sekaligus juga memengaruhi – makanan khas Sulawesi Utara. Tetapi, karena Ternate merupakan gugus kepulauan Maluku Utara, maka tentulah pula makanan khas Maluku mudah dijumpai di Ternate.

Hampir semua masakan Ternate melibatkan kenari, baik sebagai bumbu ulek, maupun dirajang kasar.

Salah satu masakan khas Ternate adalah gohu ikan. Penyebutannya harus lengkap: gohu ikan. Soalnya, kalau hanya disebut gohu, maka artinya adalah rujak pepaya muda yang juga populer di Sulawesi Utara. Gohu ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Ternyata, di daerah pesisir Sulawesi Utara – misalnya di Bitung – dapat pula dijumpai sajian seperti ini. Namanya hanya dibalik: ikan gohu. Barangkali kesegaran sajian inilah yang membuatnya menyandang nama gohu yang berarti rujak.

Umumnya, di Ternate, gohu ikan dibuat dari ikan tuna (yellowfin tuna = Thunnus albacares). Bila tuna sedang tidak musim, ikan cakalang (skipjack) juga dapat dipakai – sekalipun teksturnya tidak semulus tuna.

Daging tuna segar (baca: mentah!) dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Kemudian ditaburi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

Sudah terbayang rasanya? Top markotop!

Kalau Anda pernah ke Hawaii, kemungkinan besar Anda pernah ketemu sajian seperti ini. Bedanya, di sana tidak memakai cabe rawit maupun kacang tanah goreng. Di Hawaii kemanginya diganti dengan wakame alias rumput laut. Sajian ini terkenal di Hawaii dengan nama onopoke.

Saya juga pernah menemukan sajian yang sangat mirip dengan gohu ikan ini – minus cabe rawit – di General Santos City, Filipina Selatan. Di sana, sajian populer ini disebut kinilauw. Rupanya, masakan seperti gohu ikan Ternate ini telah menjadi ciri khas atau tradisi masyarakat-masyarakat kepulauan. Kinilauw hanya memakai tuna yang dipotong kubus, dilumuri dengan garam, dicampur dengan rajangan kasar bawang merah dan tomat, lalu dikucuri perasan jeruk nipis.

Gatang Kenari

Bicara tentang kuliner Ternate, kebanyakan orang akan langsung menyebut gatang kanari (ketam kenari = kepiting kenari). Di masa lalu, saya pernah mencicipi kepiting yang penampilannya mirip satwa purba ini. Sekarang, kepiting kenari sudah dicantumkan sebagai satwa yang dilindungi. Anehnya, masih terjadi ambiguitas untuk menegakkan aturan ini. Konon, demi pariwisata, beberapa restoran di Ternate mendapat izin khusus untuk menyajikan masakan dari kepiting kenari.

Herannya pula, ada dua Presiden Republik Indonesia (namanya saya catat untuk kepentingan pribadi!) yang sangat menyukai kepiting kenari. Para pejabat Pemerintah setempat pun dikabarkan sering membawa oleh-oleh kepiting kenari untuk atasan mereka di Jakarta – seolah-olah peraturan tentang kelestarian lingkungan tidak berlaku bagi para pejabat.

Harga kepiting kenari ini cukup mahal. Yang berukuran super (sekitar 2 kilogram bobot hidup), dihargai sekitar Rp 350 ribu. Bagi orang kaya, harga sedemikian tidak ada artinya. Maklum, satu kilo daging Wagyu harganya sekitar Rp 700 ribu. Artinya, harga kepiting kenari yang sedemikian “murah” tidak akan menyelamatkannya dari kepunahan.

Beberapa restoran sering menyatakan bahwa mereka menyediakan kepiting kenari hasil budidaya. Ini adalah cerita bohong. Kepiting kenari sulit ditangkar. Kini, kebanyakan kepiting kenari ditangkap di alam di Halmahera, lalu dijual ke beberapa restoran khusus di Ternate.

Kepiting kenari adalah satwa darat yang pintar memetik dan mengupas buah kelapa, serta menjadikannya makanan kegemaran mereka. Karena itulah kepiting kenari dianggap lebih gurih dan manis dagingnya dibanding kepiting biasa.

Popeda

Orang Ternate mempunyai tradisi makan besar setelah usai shalat Jumat. Biasanya, dari masjid orang bergegas pulang untuk berkumpul makan siang bersama keluarga. Sebagian lagi beramai-ramai mendatangi warung-warung makan bersama teman-teman.

Salah satu tradisi makan siang di hari Jumat adalah makan pupeda (di Maluku dan Papua disebut papeda) – yaitu sagu yang dimasak dengan air, bentuknya mirip seperti lem kanji. Pupeda umumnya disantap dengan ikan kuah soru. Yang dimasak untuk kuah soru biasanya adalah ikan asar (diasap dengan api gonofu alias sabut kelapa). Soru berarti asam. Kuahnya bening, dengan tone asam-pedas, serta aroma smokey dari ikan asar. Hmm, mengesankan.

Di belakang Pasar Gamalama, ada beberapa warung pupeda yang populer bagi warga Ternate. Di warung-warung itu, selain kuah soru, juga tersedia berbagai lauk-pauk yang disediakan di meja. Begitu juga pupeda dan kasbi (singkong rebus), ubi rebus, dan pisang rebus – semuanya disediakan di meja. Para tamu makan buffet style, dan membayar Rp 25 ribu per mulut — sekenyangnya.

Popeda dimakan dengan kuah soru. Sedangkan karbohidrat yang lain disantap dengan sayur lilin (sayur yang di Jakarta dikenal sebagai telur terubuk), ikan bakar, fofoki kuah santan, sayur garo (tumis kangkung dan bunga pepaya), dan lain-lain.
Hemmmmmmm,,,met sehat selalu sobat sekalian,,,,ass sblum saya mulai buka acara ini....disini saya membuat artikel yang mungkin dibilang boleh dicoba buat blog karena begitu banyak yang penasaran tentang bagaimana memasang efek opening windows yang berputar mengelilingi layar saat pertama kali halaman blog terbuka, mau tau cara-caranya... kalau dibilang gampang sangat gampang sekali,,gak sama payahnya seperti masang benang di jarum jahit,,hehehehe
langsung saja ya saya beri tau kepada anda sekalian :

Makanan Khas Maluku Utara

Makanan Khas Maluku Mudah Dijumpai Di Ternate Hampir Semua Masakan Ternate Melibatkan Kenari Baik Sebagai Bumbu Ulek from blogspot.Ngabuburit Di Kawasan Mesjid Raya AlMunawar Ternate Para Pedagang Kue Biasanya Sudah Mulai Ramai Memadati Kawasan Ini Dengan Beraneka Jajajan Khas Berbuka Puasa Ala Masyarakat Maluku Utara Seperti Kue Pelita Panakukdalampabobengka Hingga Menu Gohu from halmaheranews.Makanan Khas Beberapa Daerah MEDIA INFORMASI Untuk Semua Makanan Minuman Khas Dari Dari Propinsi Sulawesi Utara Makanannya Di Antara Lain bubur Manado Atau Yg Lebih Dikenal Dengan Nama Tinutuan Makanan Ini Mudah Di Dapatkan Di Kota Manado Bahan2nya Adalah from tofiknurhid.tkKuliner Nusantara Hadir Di Lawang Sewu Tribun JogjaSelain Makanan Khas Dari Makassar Ada Tiga Stan Dari Provinsi Kepulauan Riau Maluku Utara Dan DKI Jakarta from tribunnews.comTempattempat Unik Dengan Berbagai Macam Makanan BlogspotTempattempat Unik Dengan Berbagai Macam Makanan Khas Maluku Utara Maluku Utara Tidak Hanya Memiliki Daerahdaerah Dengan Wisata Alam Yang Menarik Namun Propinsi Yang Dikenal Dengan Penghasil from blogspot.comJual Kerupuk Ikan Cakalang Dan Ikan Tongkol Murah Kerupuk IkanKerupuk Ikan Tongkol Ikan Cakalang Khas Ternate Maluku Utara Melayani Order Kerupuk Ikan Tongkol Grosir Dan Eceran Seluruh Indonesia Kerupuk Ikan Tongkol Ini Cocok Untuk Dikonsumsi Sendiri Ataupun Dijual Ulang Di Toko Sembako from kakalushop.comMAKANAN KHAS MALUKU UTARA MARI BARONDA KE MALUKUTetapi Karena Ternate Merupakan Gugus Kepulauan Maluku Utara Maka Tentulah Pula Makanan Khas Maluku Mudah Dijumpai Di Ternate Hampir Semua Masakan Ternate Melibatkan Kenari Baik Sebagai Bumbu Ulek from ac.Keindahan Pulau TernateMaluku Utara Memiliki Berbagai Makanan Khas Daerah Antara Lain Popeda Sagu Ketam Kenari Halua Kenari Bagea Serta Hasil Olahan Ikan Seperti Ikan Asap Ikan Fufu Gohu Ikan Ikan Garu Rica Dan Lain-lain 


Resep Masakan Popeda Maluku

Maluku Tempat Wisata Indonesia Blog Ciri Ciri Ketoprak Jawa Papeda Blog Makanan Khas Suku Dayak Kumpulan Resep Masakan Bubur Tempat Wisata Indonesia Blog Makanan Khas Malukumaaf Bila Artikel Resep Makanan Papeda from tempatwisataindonesia.com
Papeda Khas Papua Tempat Wisata Indonesia

Papeda Sejarah Tempat Wisata Indonesia Blog Sejarah Objek Wisata Guci Guci 6 Masakan Khas Maluku 5 Tempat Wisata Indonesia Blog Resep Makanan Papeda Khas Papua Mempunyai Pengalaman Menarik Tentang Resep Makanan Papeda from tempatwisataindonesia.com
Resep Masakan Maluku Utara Tempat Wisata Indonesia

6 Masakan Khas Maluku 5 Tempat Wisata Indonesia Blog Resep Makanan Papeda Khas Papua Mempunyai Pengalaman Menarik Tentang Resep Makanan Papeda Khas Papua Anda Boleh Berbagi Menyumbangkannya Pada Tempat Makanan Khas from tempatwisataindonesia.com
Sejarah Papeda Tempat Wisata Indonesia

Ciri Khas Ternate Indonesia Tiwah Menu Makanan Organik Kue Lapis Sagu Sejarah Tangkuban Tempat Wisata Indonesia Blog Outbond Ditengah Masakan Timur Tengah Di Jakarta Ranca Upas Resep Bubur Papeda Sejarah Danau Tamblingan Resep Bubur Papeda Sejarah Tempat Wisata Indonesia Blog Sejarah Objek Wisata Guci Guci6 Masakan Khas Maluku 5 Tempat Wisata Indonesia Blog Resep Makanan Papeda Khas Papua Mempunyai Pengalaman Menarik Tentang Resep Makanan Papeda from tempatwisataindonesia.com
Sagu Makanan Khas Maluku Tempat Wisata Indonesia

Ciri Khas Ternate Indonesia Tiwah Menu Makanan Organik Kue Lapis Sagu Sejarah Tangkuban Tempat Wisata Indonesia Blog Outbond Ditengah Masakan Timur Tengah Di Jakarta Ranca Upas Resep Bubur Papeda Sejarah Danau from tempatwisataindonesia.com
Upacara Adat Seluruh Indonesia Khas Papua Tempat Wisata Indonesia

Makanan Papeda Khas Tempat Wisata Indonesia Blog Macam Macam Upacara Adat Indonesia Adalah Makanan Para Tempat Wisata Indonesia Blog Upacara Adat Panen Padi Dayak Di Indonesia Tarian Tradisional Resep Makanan Papeda Khas Tradisional Resep Makanan Papeda Khas Papua Tempat Wisata Upacara Adat Potong Pantan Upacara Kalimantan Tengah Kalimantan Onlineciri Khas Makanan Maluku Suku Tempat Wisata Indonesia Blog Resep Masakan Papeda Maluku10 Makanan Khas from tempatwisataindonesia.com
Resep Makanan Khas Ternate Tempat Wisata Indonesia

6 Masakan Khas Maluku 5 Tempat Wisata Indonesia Blog Resep Makanan Papeda Khas Papua Mempunyai Pengalaman Menarik Tentang Resep Makanan Papeda Khas Papua Anda Boleh Berbagi Menyumbangkannya Pada Tempat Makanan Khas from tempatwisataindonesia.com
Makanan Khas Maluku Tempat Wisata Indonesia

Khas Tempat Wisata Indonesia Blog Makanan Khas Suku Dayakmaaf Bila Artikel Ciri Khas Makanan Maluku Tempat Wisata Indonesia Blog Ciri Ciri Ketoprak Jawa Papeda Blog Makanan Khas Suku Dayak Kumpulan Resep Masakan from tempatwisataindonesia.com
Resep Makanan Khas Maluku Tempat Wisata Indonesia

Maluku Utara Ketika Pohon Ini Standarisasi Walaupun Berkiblat Ke Jerman Resep Sosis Di Tempat Wisata Indonesia Blog Resep Papeda Ini Menjadi Makanan Populer Di Jepang Saat Menyambut Tahun Baru Resep Masakan from tempatwisataindonesia.com
Resep Bubur Papeda Tempat Wisata Indonesia

Resep Masakan Bubur Manadoada Juga Yang Suka Pempeknya Langsung Memiliki Aroma Khas Maka Nama Id Password Ingat Selalu Uncategorized 7 Upacara Adat Di Indonesia 6 Upacara Adat Maluku Utara 3 Tempat Wisata Indonesia

Gohu Ikan Ternate

Salah Satu Masakan Khas Ternate Adalah Gohu Ikan Penyebutannya Harus Lengkap Gohu Ikan Soalnya Kalau Hanya Disebut Gohu Maka Artinya Adalah Rujak Pepaya Muda Yang Juga Populer Di Sulawesi Utara Gohu Ikan from ac.id

Rupanya Masakan Seperti Gohu Ikan Ternate Ini Telah Menjadi Ciri Khas Atau Tradisi Masyarakatmasyarakat Kepulauan Kinilauw Hanya Memakai Tuna Yang Dipotong Kubus Dilumuri Dengan Garam Dicampur Dengan Rajangan Kasar from blogspot.com

Quote Salah Satu Masakan Khas Ternate Adalah Gohu Ikan Yang Diolah Dari Ikan Tuna Ikan Cakalang Juga Bisa Digunakan Meski from resepandalan.com
Resep Nikmatnya Gohu Ikan Ternate Biang Keladi.com

Umumnya Di Ternate Gohu Ikan Dibuat Dari Ikan Tuna Yellowfin Tuna Thunnus Albacares Bila Tuna Rupanya Masakan Seperti Gohu Ikan Ternate Ini Telah Menjadi Ciri Khas Atau Tradisi Masyarakatmasyarakat Kepulauan from blogspot.com
Gohu Ikan Ternate Sahabat Sejati

Popeda Ternate

Pohon sagu (metroxhylon rumpii) merupakan tanaman yang sangat penting bagi masyarakat Maluku Utara. Ketika pohon ini telah berusia sepuluh tahun, bagian dalamnya mampu menghasilkan serat berupa tepung seberat 80-100 kilogram. Serat tepung inilah yang kemudian menjadi bahan utama pembuatan papeda, atau yang biasa disebut bubur sagu.

Bagi masyarakat Ternate, popeda merupakan makanan pokok layaknya nasi ataupun jagung. Papeda dimakan bersama kuah kuning yang terbuat dari kunyit dan dicampur dengan ikan tongkol. Makanan ini juga disajikan bersama dengan jeruk nipis, beberapa potong kelapa, dan sagu sebagai lauknya.

Proses pembuatan popeda diawali dengan memotong bagian pangkal pohon sagu. Kemudian, bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. Dari sari pati ini diperoleh tepung sagu murni yang siap diolah.

Sistem memasak popeda adalah dengan merebus tepung sagu tersebut hingga mengental dan matang menjadi papeda. Dalam keadaan panas, papeda dituangkan ke piring yang sebelumnya telah dibasahi dengan kuah ikan. Tujuannya agar papeda tersebut tidak melekat di piring, yang digunakan sehingga tidak sulit untuk mencucinya.

Popeda ialah makanan yang dihidangkan hanya saat panas saja karena ketika dingin makanan ini akan menjadi lengket ke piring. Selain itu, ketika dingin makanan ini dianggap telah basi dan tidak layak dimakan, sehingga fungsinya terkadang dialihkan sebagai alat perekat kertas.

Karena berbentuk bubur sagu yang kental, cara memakan papeda tidak menggunakan sendok ataupun tangan, melainkan langsung diseruput dari piring.

Di sepanjang kota Ternate, banyak didapati warung yang menjual makanan tradisional seperti popeda,Warung yang menjual makanan popeda terletak di pusat kota,Harga papeda di warung-warung tradisional relatif murah. Seporsi papeda bisa diperoleh dengan harga Rp1.000- Rp 1.500.
Selain menikmati makanan khas papeda, di Ternate, wisatawan dapat menjumpai warung-warung yang berjualan cinderamata dan makanan khas Maluku Utara seperti ketam kenari, halua kenari, bagea, serta ikan hasil olahan, seperti ikan fufu (ikan asap) dan gohu ikan .


Aneka Resep Masakan Dari Tepung Sagu.

Bubur Kacang Hijau Sagu
Untuk: 10 porsi, 1 porsi: 202 kalori
Bahan membuat kacang hijau sagu:
• 50 gr tepung sagu
• 200 gr kacang hijau, direndam semalaman
• 100 gr gula pasir
• 100 gr gula merah
• 1 potong jahe
• Sedikit garam
Areh santan kacang hijau sagu:
• 600 ml santan
• 1 sdm tepung maizena
• 2 lbr daun pandan
• sedikit garam
Cara Membuat kacang hijau sagu:
1. Rebus kacang hijau sampai empuk, beri gula, jahe, dan sedikit garam.
2. Tuang larutan tepung sagu, masak hingga kental dan mendidih, angkat.
3. Masak areh santan, campur semua bahan areh, dimasak hingga mendidih, angkat.
4. Hidangkan bubur kacang hijau dengan areh santan.
Ketupat Sayur (KETUPAT DARI SAGU)
Untuk: 10 porsi. 1 porsi: 537 kalori
Bahan Ketupat:
• 500 gr tepung sagu
• 100 gr tepung beras
• 3 ltr santan encer
• Sedikit garam
Cara Membuat:
1. Campur tepung sagu, santan, dan garam, beri sedikit garam, lalu dimasak sambil diaduk hingga matang, angkat, tuang di loyang, biarkan dingin dan mengeras, lalu dipotong-potong.
2. Hidangkan dengan kuah sayur, kerupuk, dan sambal.
Bahan Kuah Sayur:
• 250 gr daging sapi, potong kecil, direbus sampai empuk
• 250 gr tahu goreng
• 250 gr kacang panjang, dipotong kecil
• 500 gr nangka muda, direbus, tiriskan, dipotong dadu besar
• 1500 ml santan
• 1 papan petai (dikupas,dipotong jadi 2)
• 2 btg sereh, dimemarkan
• 3 lbr daun jeruk
• 4 lbr daun salam
• 1 sdt gula pasir
• 2 sdm minyak untuk menumis
• 2 ltr air
Bumbu yang Dihaluskan:
• 3 sdm irisan bawang merah
• 4 sdm irisan cabai merah
• 2 sdm irisan bawang putih
• 5 btr kemiri
• 1 sdt terasi
• ½ sdt ketumbar
• 2 sdm irisan laos
• 1 sdm garam
• 100 gr ebi (rendam air panas)
Cara Membuat Kuah Sayur:
1. Rebus daging dengan 2 ltr air sampai empuk, potong dadu, sisakan 500 ml cairan kaldu, sisihkan.
2. Tumis dengan minyak bumbu yang dihaluskan, daun salam, sereh, daun jeruk, masukkan daging, tuang kaldu daging, biarkan sampai mendidih, masukkan santan, nangka muda, kacang panjang, tahu, petai dan gula, aduk rata, masak hingga matang, angkat.
Pelengkap:
• 5 btr telur rebus
• bawang goreng
• kerupuk
Bahan Sambal Terasi:
• 3 sdm irisan bawang merah
• 50 gr cabe merah yang dihaluskan
• 1 sdm terasi
• 1 sdt garam/sesuai selera
• 3 sdm minyak untuk menumis
Cara Membuat Sambal Terasi:
Tumis semua bahan sambal, kecuali garam, angkat, lalu haluskan tambahkan garam.
Sekilas Tentang Sagu
Sagu (pati sagu) adalah salah satu makanan pokok beberapa daerah di Indonesia timur (Papua, Maluku, Sulawesi Utara, dan sejumlah daerah di Nusa Tenggara). Konsumsi sagu sebagai makanan pokok antara lain dalam bentuk makanan tradisional, seperti papeda, kapurung, dan sagu bakar.
Saat ini, sekitar 30 persen masyarakat Maluku dan Papua masih menggunakan sagu sebagai makanan pokok dalam menu sehari-harinya, 50 persen menggunakan menu sagu dan umbi-umbian, sedangkan sisanya, terutama yang berada di daerah perkotaan, sudah beralih ke beras.
Banyak jenis tanaman sagu yang dapat menghasilkan tepung sagu dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, di antaranya Kepulauan Maluku, Papua, Mentawai, Riau, dan Sumatera. Di Riau juga dijumpai sagu yang dikonsumsi masyarakat dalam bentuk butiran yang dikenal dengan nama sagu rendang serta dalam bentuk olahan lain seperti kue bangkit, laksa sagu, dan sagu embel.
Selain sebagai makanan pokok, sagu mempunyai prospek yang baik sebagai salah satu sumber utama pangan murah. Pengembangan produk baru dengan komponen utama sagu yang sesuai dengan selera masyarakat diharapkan dapat menjadi pangan sumber karbohidrat siap konsumsi, seperti tepung kering dan mi, sehingga dapat membantu upaya percepatan penganekaragaman pangan yang sedang kita galakkan.
Manfaat dan keunggulan bila kita mengonsumsi aneka makanan yang berasal dari sagu, baik dalam bentuk snack maupun olahan yang berasal dari mi sagu, antara lain:
- Dapat memberikan efek mengenyangkan tetapi tidak menyebabkan gemuk.
- Mencegah sembelit dan dapat mencegah risiko kanker usus.
- Tidak cepat meningkatkan kadar glukosa dalam darah (indeks glikemik rendah) sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus...

0 komentar:

Poskan Komentar